Langsung ke konten utama

Halo, selamat datang di blog ini.....saya perempuan, kelahiran tahun 1996. asal dari pulau Sulawesi. Tinggi 168 cm.

  Saya adalah seorang Pramugari dimulai dari bulan Januari Tahun 2015.

Saya lulus SMA bulan Juni Tahun 2014, mendapat ijazah , lalu segera ke Jakarta untuk mewujudkan cita cita saya menjadi seorang Pramugari.

Saya tiba di Jakarta tanggal 1 Oktober . 3 bulan saya sibuk melamar ke berbagai maskapai. Jatuh bangun saya rasakan saat menghadapai kenyataan bahwa saya tidak lolos saat mengikuti tesnya.
Saya pernah melamar ke Garuda, Lion, Sriwijaya, Citilink, dan Air Asia.
Bahkan setelah sempat tidak lolos berkali2, saya sempat menyerah dan putus asa, dan ingin pulang ke kampung halaman saja .
Setelah 3bulan luntang lantung di kota Jakarta, dan sudah sangat putus asa dan berfikir untuk pulang saja, saya dengan sisa2 harapan mengikuti rekrutment pramugari Lion Air di Halim , Kalimalang. Dan saya berpikir jika saya tidak lolos test ini, saya akan pulang saja .

Setelah 1 bulan tahap demi tahap saya lewati dan akhirnya tiba di penentuan terakhir yaitu tahap medex.
Dan jeng.. jengg..
Saya lolos tahap medex!! Dan di jadwalkan untuk tanggal Tandg tangan kontrak Januari 2015.

Setelah Tanda Tangan kontrak saya tinggal di Mess Pramugari yang disediakan Lion Air, dan berita baiknya, saya ditempatkan di Batik Air, anak perusahaan Lion Air tapi yang full service (dapat makanan dan minuman untuk penumpang selama penerbangan) dan saya sangat senang sekali karena katanya yang ditempatkan di Batik adalah orang2 yang terpilih dan mahir berbahasa inggris, padahal saya tidak juga tuh.. hehehe
Setelah menjalani training yang luar biasa menguras otak (emang bener menguras otak.. kalau kalian sudah jadi FA atau lagi training , pasti ngerasain hal yg sama...) saya jg sempat stress karena berhadapan dengan materi dan pelajaran yang sangat sulit.. ditambah buku full bahasa inggris dan untuk bisa membaca dengan jelas kita harus menerjemahkannya ke bahasa indonesia dan bukunya sangat2 tebal... (coba aja searching “Flight Attendant Manual”)
Saya rilis setelah 5 bulan Training . Rilis tertantung seberapa cepat kita menangkap pelajaran, atau seberapa pintar kita, teman saya ada yang 3bulan sudah rilis ada juga yang 7bulan baru rilis.
Saya mulai terbang bulan Juli atau Agustus 2015.
Setelah lulus training pun masih lama menunggu keluarnya FAC (Flight Attendant Certificate) yang harus ada dan dibawa setiap terbang untuk dicek oleh Masing2 kru apakah kita masih layak terbang atau tidaknya tergantung dari tanggal terakhir kita recurrent (atau istilahnya sekolah kembali)
Saat saya mulai terbang di Batik Air saya mulai menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru, sampai pada bulan April 2016 saya memutuskan untuk Resign dr Batik Air krn saat itu saya sedang lelah dan jenuh, dan saya memutuskan untuk pulang kembali ke Kampung halaman.
Banyak yg bilang “kenapa pulang? sayang banget pramugarinya..”
eits tunggu dulu belum selesai ceritanya :p

Saya kembali ke jakarta 1 bulan kemudian dan saya memutuskan untuk melamar pramugari lagi tapi dimaskapai lain. Saya menganggur selama 5bulan sampai saya mulai mengikuti tes pramugari khusus expri (ex pramugari) yg diadakan oleh Sriwijaya Air. Saya mengikuti tesnya dan Alhamdulilah saya lolos tes dan masuk lagi menjadi pramugari. Saya terbang di Sriwijaya Air selama 6bulan lalu resign lagi karena menikah .

Setelah menikah, hamil dan punya anak, saya mendaftar lagi di Garuda Indonesia untuk menjadi Pramugari haji saya mengikuti tes sampai tahap Medexnya , dan tidak saya lanjutkan padahal itu tahap terakhir loh :D

Komentar

  1. Stainless Steel Ring - Titanium Cross Necklace - TITANIC
    This Ring measures the following sizes: 2021 ford escape titanium hybrid T1, 4, titanium nipple jewelry 4, 5, 5, titanium phone case 6, 7, 8, 9, 10, 11, titanium rings 12. Features & Size: Two-handed; Traditional; Stainless Steel Length: 3”  Rating: 4.9 · titanium apple watch band ‎7 reviews

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

seragam pramugari batik air

 Karena saya pernah berkerja disini, Kali ini saya akan membahas tentang seragam pramugari batik air ,  Udah ada yang tau kan kalau di batik seragam pramugarinya ada 2 macam? Model Vneck (terbuka sampai atas dada) dan Model Chongsang (tertutup sampai leher).  Dua duanya mempunyai panjang lengan yang sama, cuman bedanya untuk penggunannya model v neck dibuka dengan kancing satu persatu dari depan , sementara model chongsang menggunakan resleting dari belakang tubuh.  Nah kalau pada saat penerbangan sendiri, seragam ini juga melambangkan daerah Ekonomi class dan bisnis class. Model v neck digunakan untuk Purser/FA 1 dan FA 4 di bisnis class, dan model chongsang digunakan untuk FA 2, 3, 5 atau 6 ekonomi class. Batik sendiri sudah merubah warna Rok seragam 2x sampai saat ini. Dahulu roknya berwana merah/oranye dan sekarang dirubah menjadi ungu.  Jadi menurut kalian unyu yang mana ? ;D

Tes pramugari di Lion Air

Tahapan tes pramugari Lion Air Kali ini saya akan menceritakan pengalaman sy saat mengikuti tes pramugari di lion air.  Saya tes di Lion Air sebanyak 2x baru bisa lolos. Dan saya menceritakan saat yang lolos aja yg :D  Fyi untuk bisa ketrima di batik air/wings air/lion air itu ditentukan oleh PT Lion nya sendiri. Jadi tidak bisa kita yg memilih. Tes dimulai jam 10pagi. Saya datang 2jam sebelum mulai. Tesnya di Halim simulator kalimalang, singkat cerita setelah menunggu beberapa jam datang HRD dan meminta untuk kami mengumpulkan berkas. Setelah berkas diperiksa kami diarahkan untk masuk kedalam kantor untuk mengukur tinggi dan berat badan (tb dan bb).  TES TINGGI DAN BERAT BADAN  Untuk tb dan bb di Lion sendiri mempunyai batas minimal tinggi 158cm dengan berat badan yg seimbang/proposional. Bagi yang tidak mencukupi persyaratan tidak diperbolehkan masuk kedalam ruangan. Kebetulan tb bb saya 168/53. Dan saya bisa masuk. Setelah saya masuk kedalam kelas kami